Friday, April 4, 2014

My Daily Skincare Routine yang ke 2


Kalau berhubungan sama perawatan wajah...itu seperti mencari jarum di tumpukan jerami...susaaah banget...
Bersyukurlah kalau terlahir dengan kulit bebas masalah...halus dan mulus,tapi bagi yang punya kulit wajah bermasalah...wahhh itu bisa jadi problem.Seperti yang pernah gw ceritakan sebelumnya di postingan yang ini, dulu gw cenderung ga bermasalah sama kulit wajah...even muka gw emang oily ,dan ber komedo dari dulu...tapi cenderung mulus dan ga jerawatan...

Suddenly aja gw mulai concern pakai perawatan karena usia juga udah diatas 35...
Gw emang dari dulu kurang suka dan sreg untuk perawatan ke dokter kulit atau klinik kecantikan gitu...ga tahu kenapa,atau mungkin gw sudah melihat banyak dari teman dan sepupu yang perawatan di dokter kulit tapi kulitnya kok malah jadi merah2 atau pengelupasan gitu...hiiy ngeri deh...gw lebih prefer yang alami aja...
Dan,sepertinya gw udah harus mulai sedikit demi sedikit menyingkirkan pemakaian skincare yang dijual bebas di pasaran...kenapa..karena ternyata banyak kandungan zat2 berbahaya di produk skincare itu,even harganya mahal dan klaimnya natural/halal...
Bukannya gw mau sok2 an gimana,tapi cuma ingin meminimalisir aja...karena toh make up yang sehari2 kita pakai itu juga udah full of zat yang berbahaya bagi tubuh....jadi untuk skincare,gw berusaha cari yang se natural mungkin...paling nggak,biar ngurang2in gitu...

Untuk beberapa kandungan zat berbahaya di make up/skincare yang dijual bebas itu ,diantaranya bisa dilihat di sini dan disini.
Makanya sekarang kalau belanja skincare,gw selalu lihat apa isi ingridients nya...such a parno yaakkk..hehehe...

Nah,kembali ke daily skincare gw yang pernah gw tulis bulan lalu,gw merasa kok belum ada perubahan yang signifikan malah beruntusan makin banyak dan jerawat lebih rajin nongol...#jiaaahhh...
Setelah browsing2 dan baca2 ,akhirnya gw pun memutuskan untuk ganti produk...kalau sebelumnya gw pakai beberapa produk yang dijual bebas,akhirnya sekarang gw pakai hampir semua skincare dari  Garden Of Wisdom ,berbasis di Arizona,US dan merupakan natural and organic home made skincare...
Produknya GOW ini ga dijual di sini,jadi mau nggak mau kita bisa order melalui web nya atau kalau gw...order di lapak ini ...di forum FD yang khusus menjual produk skincare natural.

Dan inilah skincare yang gw beli dari GOW...taraaaa...



Terdiri dari
- Micro fiber clothes
- Cleansing oil rinse off Tamanu oil
- Aloe vera gel
- Lavender hydrosol
- Distilled water
- BHA salicylid acid serum 2%
- Passion fruit/Maracuja oil



Lalu apa sih fungsi nya masing2 item....
Yuuk mariii












Lalu urutan pemakaiannya sebagai berikut...

Untuk proses cleansing,teteskan 2 tetes cleansing oil dan massage perlahan di seluruh wajah,fokuskan pada riasan mata/bibir hingga make up terangkat,lalu bilas wajah dengan air hangat,kalau make up nya tebal...mungkin bisa diulang sekali lagi
Usapkan micro fiber clothes untuk menghapus sisa make up dan mengangkat residu,bilas dengan air dingin...
Itu cuma malam hari,kalau pagi gw tetep pakai facial wash dan dibersihin pakai konjac sponge.











Sesudah proses cleansing,lalu semprotkan/usapkan dengan tangan lavender hydrosol ke wajah dan ratakan
Fungsi dari hydrosol ini sebagai toner,untuk meng hidrasi supaya kulit nggak dehidrasi.








Untuk exfoliasi,teteskan serum BHA ini secukupnya,lalu ratakan tipis2 di wajah...fokuskan pada daerah yang berminyak/t zone..terutama di tempat yang komedo nya banyak.
Kemungkinan ada sedikit gatal/cekit2...gpp itu tandanya dia bekerja masuk dan membersihkan pori2 dari kotoran dan sebum yang berlebih,diamkan kurang lebih 20 menit.Tapi di kasus gw,gw ga merasakan apa2 sih...biasa aja.
Kalau terasa panas di wajah,langsung bilas air hangat..kemungkinan dosisnya terlalu besar atau kulit terlalu sensitif...hentikan pemakaian.
BHA dipakai 2 hari sekali dan jarangkan seiring membaiknya kondisi kulit.



      


Nah kalau udah 20 menit,baru deh pakai gel atau oil...terserah..
Kalau gw sekarang pakai aloe vera gel dulu...untuk sementara stop oil..
Tapi kalau kalau dalam waktu 1-2 minggu kondisi kulit membaik...oil2 bisa dipakai lagi,gw pilih yang kandungannya paling light dan sesuai dengan kondisi kulit gw yang oily...Yang penting nggak clog pore
Pilihan gw antara passion fruit,grapeseed atau jojoba oil...











Terakhir,setelah pemakaian gel atau oil...sering2lah semprot dengan distilled water...fungsinya sama dengan hydrosol...supaya kulit ter hidrasi...
Kelebihan minyak itu bukan berarti kelebihan air lho...artinya kulit oily juga bisa dehidrasi...
Biasanya tanda2nya adalah kalau ngga pakai pelembab,terasa kering terutama disekitar bibir...









Wow,ritual nya cukup panjang ya....itu belum dengan maskeran segala...hehehe dan itu setiap malam sebelum tidur,secapek dan se ngantuk apapun itu.
Sebenernya sih kalau udah dilakuin ga ribet2 banget....Gw cukup menikmati ritual itu...serasa spa untuk wajah hehehe...
Yahhh...sekarang dipikir2,siapa sih yang nggak mau punya kulit muka halus mulus dan kelihatan awet muda...
Yah,mudah2an aja ...kondisi kulit bisa membaik...dan gw tetep komit untuk pakai skincare yang se natural mungkin...
Udah malam nihhh....tidur dulu yaaa
Good nite all....


Intanheni

1 comment: